Pengertian Disinfektan dan Jenis Jenisnya

Pengertian Disinfektan dan Jenis Jenisnya

Disinfektan sendiri memiliki fungsi yang sangat utama dalam membasmi dan membunuh kuman, bakteri virus yang menempel pada benda mati. Dimana jenis lain yang bisa membunuh kuman pada mahluk hidup sendiri namanya adalah antiseptik jadi bisa dibedakan ya antara disinfektan dan antiseptik dari sisi fungsionalnya.

Sekarang kita akan bahas mengenai jenis jenisnya dimana ini tentu saja harus anda pahami sebagai salah satu penambah pengetahuan anda lebih dalam mengenai disinfektan yang saat ini sangat dibutuhkan sekali dalam melindungi diri dari serangan virus dan bakteri.

Jenis disinfektan

Oke langsung saja kita bahas dalam ulasan dibawah ini:

Disinfektan udara

Yang pertama ada namanya disinfektan udara, dimana dari sisi fungsional sendiri memiliki peran dalam menseterilkan kuman yang ada pada udara.

Maka dari itu, terkadang dalam pengalikasian sendiri supaya lebih maksimal banyak orang yang menggunakan jasa penyemprotan disinfektan karena hasilnya akan lebih maksimal dan dilakukan oleh orang yang sudah ahli dalam bidangnya.

Secara komposisi dasar memang alkohol yang menjadi bahan utama dalam pembuatan disinfektan ini dengan beberapa kombinasi antara lain:

  • Alkohol dengan campuran senyawa kation amonium kuarter ini salah satu jenis yang sangat umum digunakan dalam rumah sakit.
  • Alkohol dengan air suling

Kemudian partikel lain yang sering digunakan dalam campuran disinfektan ini ada banyak sebenarnya mulai dari aldehid yang merupakan salah satu bagian zat kima dengan fungsi sebagai bahan organik dengan sisitem kerja residual yang minim.

Kemudian ada juga namanya klorin, dimana ini senyawa yang sangat aktif bersamaan dengan asam hipoklorit.

Dari sisi efek disinfekan jenis ini memang memiliki daya bunuh yang sangat tinggi terhadap kuman dan bakteri, selain itu kelebihnya juga cakupanya bisa menjadi sangat luas dan biasa digunakan dalam penyemprotan area yang disinyalir memiliki kandungan bakteri dan kuman di udara yang tinggi maka digunakan beberapa campuran bahan diatas yang sudah kami jelaskan.

Sampai disni, mungkin anda sudah paham mengenai jenis disinfektan dan yang paling umum kita gunakan sendiri adalah jenis cairan.